Kue Pukis

Wednesday, November 16, 2016



Please...
Abaikan bentuknya yang bundar dan gosong bawahnya...
Percayalah...rasanya sudah benar ini kue Pukis....menul-menul empuk...manisnya pas....
Bentuknya aja yang nggak bener... :)


Bahan:
250 gram terigu protein tinggi
150 gram gula pasir
3 butir telur
1 sdt emulsifier
1/2 sdt essence vanilla
1/4 sdt garam
1 sdt ragi instan
350 ml santan sedang kentalnya
1  sdt pasta pandan
65 gram margarin, lelehkan, dinginkan
50 ml susu kental manis putih

Cara membuat:
1. Ayak terigu, campur dengan ragi instant. Sisihkan.
2. Campur santan dengan pasta pandan. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam hingga kental & kaku.Masukkan essence vanilla. Kocok rata.
4. Turunkan kecepatan mixer hingga kecepatan paling rendah (speed 1), masukkan 1/3 bagian terigu dan kocok rata sebentar. Masukkan 1/2 bagian santan. Kocok rata lagi. Begitu berselang seling terigu dan santan dan akhiri dengan terigu. Matikan mixer.
5. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan spatula.
6. Terakhir masukkan susu kental manis. Aduk rata dengan spatula.
7. Diamkan selama 20-30 menit.
8. Panaskan cetakan kue pukis yang telah dioles minyak/margarin dengan api sedang. Setelah panas, kecilkan api (pakai api keciiil aja).
9. Tuang adonan setinggi 3/4 tinggi cetakan. Tutup sebentar biarkan setengah matang, taburi topping selagi permukaan masih agak cair tengahnya. Tutup kembali dan masak sampai matang dan permukaan kering.
10. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Panas-panas oles/semir permukaan kedua sisi kulit pukis dengan margarin. Tujuannya agar kulit pukis tidak kering dan mengeras setelah dingin. Sajikan.
Sisanya bisa disimpan di kulkas dalam wadah kedap udara.


Double Chocolate Puding

Wednesday, October 12, 2016


Biasanya kalau lagi pengen puding coklat, Amy suka dengan puding Gong yang kotakan instant itu...tinggal campur air, dididihkan jadi deh puding coklat lezat.
Tapi berhubung di Doha nggak ada yang jual, jadi bikin resep kira-kira deh...dan ternyata enak...lembut...nyoklat banget...

Bahan :
1 sdm bubuk agar-agar
2 sdm bubuk coklat
2 sdm susu kental manis
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanila
4 sdm gula pasir (bisa dikurangi/ditambah sesuai selera)
100 gr coklat blok potong kecil-kecil
1 liter susu double coklat

Cara membuat:

Campur bubuk agar-agar, bubuk coklat, susu kental manis, garam dan gula dengan 1/4 bagian susu coklat. Panaskan dan terus diaduk sampai semua bahan larut. Masukan susu yang tersisa dan coklat blok. Aduk terus hingga coklat larut dan mendidih. Angkat dari kompor, masukkan vanila dan terus diaduk hingga busa sedikit berkurang.
Tuang ke dalam cetakan. Biarkan dingin, lalu masukkan ke dalam kulkas.
Siap dihidangkan dengan vla jika suka.


New York Cheesecake


Berbeda dengan JCC (Japanese Cheesecake) yang teksturnya seperti cotton cake...
Kalo NYC ini lebih mirip unbake cheesecake...basah, dan berasa banget kejunya...walaupun sama2 dipanggang dgn cara au bain marie...
Cara membuatnya lebih mudah dibandingkan JCC yg agak ribet...dan yg paling penting cake ini anti gagal...jadi gak perlu takut bantet..

Bahan :
250 gr cream cheese
100 gr gula pasir halus (diblender)
1/2 sdm maizena
1 butir telur ukuran besar
3 sdt air lemon
Parutan kulit lemon (dari 1 buah lemon)
1/2 sdt extract vanila
1/4 sdt garam
250 ml sour cream

Lapisan crust :
150 gr oreo crumb
70 gr butter, cairkan

Cara membuat :

Siapkan loyang bongkar pasang, olesi dengan mentegadan alasi dengan baking paper.
Bungkus dasar loyang dengan alumunium foil untung mencegah bocor.

Campur oreo crumb dengan butter leleh hingga rata. Lalu atur di dasar loyang dan padatkan hingga rata. Masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit hingga set.

Dalam wadah besar kocok cream cheese dengan gula halus hingga lembut.
Masukkan maizena kocok lagi hingga rata. Lalu masukkan telur, kocok lagi hingga rata.
Masukkan air jeruk lemon, parutan kulit jeruk, vanila dan garam, kocok kembali hingga rata.
Terakhir masukkan sour cream, kocok hingga rata.

Tuang adonan ke dalam loyang (di atas oreo crust). Panggang au bain marie dengan suhu 150 der cel selama 45 menit.
Matikan oven, biarkan kue tetap didalam oven dalam keadaan tertutup selama 1 jam.
Setelah dingin, masukkan kue ke dalam kulkas hingga set.
Bila suka bisa ditambahkan topping buah.


Try another taste.... Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino